Cari Blog Ini

Jumat, 30 Desember 2011

Manfaat Mentimun












sahabatartikel.wordpress.com


             Sayuran buah bisa dijadikan alternatif lainnya adalah mentimun. Sayuran ini mudah didapatkan. Mentimun memiliki kandungan air sampai 90 persen, sehingga efeknya dapat membantu menyiram bakteri di sepanjang usus dan dinding kandung kemih. Sifat diuretik juga membantu meringankan retensi air. Kandungan airnya mampu membantu menghilangkan toksin dan asam urat melalui ginjal. Oleh karena itu, mentimun sangat baik dikomsumsi oleh penderita darah tinggi. Mentimun mempunyai kemampuan meredam panas lambung yang meradang dan kandungan kemih. Baunya dapat menyadarkan orang pingsan. Mentimun jugas berkhasiat sebagai makanan pelangsing yang sempurna, karena efek yang mengenyangkan. Selain itu, mentimun berfungsi untuk memperlancar buang air seni dan untuk menghilangkan ketegangan atau antistres. Mentimun ini juga baik buat daya tahan tubuh dan stamina.
             Kandungan seratnya yang tinggi berguna melancarkan buang air besar, menurunkan kolesterol, dan menetralkan racun. Mentimun ini, bahkan bisa untuk mencegah penyakit hepatitis karena kandungan kukurbitasin C-nya. Begitu banyaknya kahsita yang didapat dari mentimun dan juga karena enak dimakan, oarang-orang Indonesia sering menjadikan mentimun ini sebagai lalapan atau dibuat acar untuk merangsang selera makan.
 
             Nurdin, penjual lalapan yang kerap mengonsumsi timun mengatakan, ada efek yang dirasakan setelah makan dengan mencampurnya dengan timun. “saya sering menjadikan timun ini sebagai lalapan. Saya tidak begitu tau pasti khasiatnya, tapi yang jelas, timun ini memberikan efek terhadap kesehatan saya,”kata Nurdin, salah seorang penjaual lalapan yang berdagang di seputaran JL.AP Petta Rani.
             Kita seperti kurang lengkap jika pada lalapan tidak ada mentimun, sebab unsur kelembapan mentimun ini bisa bermanfaat untuk mengimbangi unsur panas dari sambal.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

komentar anda sangat dibutuhkan