Cari Blog Ini

Sabtu, 22 Oktober 2011

Jejak Kraken (Gurita Raksasa) kini terlacak

                                                            http://irfandigaul.blogspot.com



Jejak segudang misteri makhluk alam laut masa lampau belum terkuak. Tapi jejak Kraken, gurita raksasa yang dalam cerita rakyat kuno dikatakan mampu menghancurkan kapal dan memangsa ikan paus, mulai terkuak.
Seorang ilmuwan mengklaim berhasil menemukan bukti keberadaan Kraken. MarkMcMenamin, seorang paleontolog dari Mount Holyoke College di Massachusett, Amerika Serikat (AS), mengatakan bahwa dia telah menemukan bukti sisa keberadaan makhluk laut yang diduga aladalah Kraken.
Dikutip dari Internasional Business Times, McMenamin mengatakan bahwa bukti yang ia temukan diperkirakan merupakan gurita raksasa dengan panjang mencapai 30 meter. Bukti tersebut ia temukan dari bekas cidera yang didapat oleh Ichthyosaurus, reptillaut raksasa jaman dinasourus, dari pertarungangnya melawan Kraken.
Ilmuwan tersebut mengklaim bahwa ia melihat bekas penghisap gurita raksasa tersebut pada fosil tulang Ichthyosaurus. Penemuan ini berawal ketika McMenamin meneliti sembilan fosil Ichthyosaurus di BerlinIchthyosaur State Park di Nevada, AS.
Tidak hanya bekas tanda di tulang Ichthyosaurus, dan membawa ke sarangnya di laut dalam.
"Karena gurita merupakan makhluk bertulang lunak, maka bukti fosilnya tidak ada. Tapi bekas cetakan dari tentakelnya bisa membuktikan bahwa gurita raksasa tersebut memang pernah ada, "jelas McMenamin

Hasil penelitian ini dipresentasikan di pertemuan rutin di Geological Society of Amerika di Minneapolis, Amerika Serikat. Ichthyosaurus sendiri seperti ditulis dalam Wikipedia, disebut juga dengan nama kadal ikan. Kelompok reptil laut berukuran raksasa yang menyerupai ikan dan lumba-lumba. Mereka hidup selama era Mesozoikum; berdasarkan rekaman fosil, kelompok ini pertama kali muncul sekitar 245 juta tahun yang lalu, kemudian punah sekitar 90 juta tahun yang lalu (25 juta tahun sebelum kepunahan dinosaurus).
Selama periode Triassic, Ichthyosaurus berevolusi dari reptil darat yang beradaptasi untuk kehidupan di air. Ichthyosaurus sangat umum selama periode Jurassic, sampai peran mereka digantikan oleh plesiosaurus di periode Cretaceou. Ichthyosaurus termasuk ke dalam ordo yang dikenal sebagai Ichthyosaurus atau ichthyopterygia. 

sumber : fajar

2 komentar:

komentar anda sangat dibutuhkan