Cari Blog Ini

Kamis, 20 Oktober 2011

Bawang putih turunkan kolesterol

 
Siapa yang tak kenal dengan bawang putih..?? Bahan bumbu satu ini merupakan salah satu penydap rasa. Meski hanya digunakan daam bumbu makanan, tapi di sisi lain, bawang putih memiliki khasiat untuk obat.
Pemanfaatan bawang putih sebagai obat sudah diketahui sejak dulu. Bumbu ini banyak sekali mengandung zat gizi dan finonutrien yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Praktisiterapiherbal, PeterGabriel atau dikenal dengan Abd Qadir Jaelani, mengatakan, meski baang putih sebagai bumbu makanan, ia memiliki khasiat. Misalnya saja, jika bawang putih dalam makanan dicampur dengan jamur kuping atau dicampur jantung pisang, bisa menurunkan kolesterol, bahkan berkhasiat sebagai antistroke.

"Bawang putihpunya banyak khasiat. Bisa menurunkan kolesterol, bisa untuk kejantanan, bisa juga untuk obat kulit," kata Peter saat ditemui di kliniknya, jalan Pengayoman, Ruko Mirah, Kamis, 14 Oktober.
Penelitian ilmiah membuktikan adanya khasiat bawang putih untuk kesehatan tubuh. Peter Gabriel juga mengakui bawang putih dapat menurunkan kadar kolesterol serta mengurnagi terjadinya pembekuan darah dalam pembulu nadi jantung yang menyempit.
"Untuk menurunkan kolesterol, bawang putih bisa dicampurkan dalam sayuran atau sup, yang ditambah dengan jamur kuping. Bisa juga dicampur pada acar, tapi tidak semua orang cocok, apalgi yang punya masalah mag, atau ginjal," ungkap Peter
Selain itu, bawang putih dapat mengurangi resiko kanker, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memperlambat proses penuaan dini, memperbaiki gangguan tekanan darah tinggi, mencegah rematik dan mengurangi rasa sakit pada tulang.
Ekstra bawang putih mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk melawan oksidasi dari serum lemak. Hasil riset menunjukkan, kadar kolesterol LDL dapat diturunkan tanpa menganggu kadar kolesterol HDL dengan ekstrak bawang putih. Lebih lanjut Peter mengatakan, ekstrak bawang putih juga terbukti bermanfaat untuk memelihara aliran darah agar tetap lancar.



sumber : fajar

1 komentar:

komentar anda sangat dibutuhkan